
Optimalisasi Medsos Kebutuhan Pokok Kehumasan
kab-magetan.kpu.go.id - Peran kehumasan tidak semata hanya menjaga citra kelembagaan, Kehumasan juga harus mampu menyampaikan pesan yang efektif, sehingga gampang diterima, dipahami dan mengedukasi masyarakat. Sadar pentingya peran Kehumasan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan (KPU Magetan) bekali Para Panitia Pemilihan Kecamatan Kemampuan Publik Speaking serta Pengelolaan Medsia Sosial .
Nyaris sebagian besar populasi di dunia mengalami fobia Glossophobia/ takut tampil di hadapan publik. ”Populasi di dunia sebagian besar (75%) mengalami situasi dimana mereka memiliki rasa takut untuk tampil dihadapan Publik, PPK sebagai bagian penyelenggara Pemilu yang memiliki peran penting membawa fungsi kehumasan di wilayahnya masing masing perlu memahami seni berkomunikasi dengan publik, Ujar Anggota KPU Magetan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM Nur Salam saat menyampaikan materi di Rapat Kerja Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pada Pemilihan UmumTahun 2024 di Magetan, Jumat (17/3).
“Sebagai bagian Penyelenggara Pemilu di Kecamatan, PPK harus mampu menjadi Pengirim Pesan kepemiluan serta menjadi seorang Publik Speaking yang Kredibel, meyakinkan, dan diandalkan, serta mahir menjelaskan Informasi Kepemiluan yang akurat dan mudah diterima masyarakat umum,” Papar Pria Mantan Wartawan TvOne ini.
Ditegaskan pula dalam sambutan Ketua KPU Magetan Fahrudin terkait distribusi Informasi Kepemiluan menjadi kebutuhan pokok merawat optimalisasi Media Social Kelembagaan.
“Era sekarang Gen Z yang juga seringkali disebut sebagai generasi influencer merupakan penduduk asli dari era digital, mereka akrab dengan teknologi dan internet, membuat Gen Z kaya akan informasi, ini menjadi penting Kita secara bersama sama mengoptimalkan Media Sosial, Terang Pria Kelahiran Wonogiri ini.
Ditambahkan salah satu Admin Media Sosial KPU Magetan Sugiarto, terkait peran kehumasan yang harus memahami tata cara dan metode yang efektif bila hendak menyampaikan pesan ke masyarakat.
“Setidaknya ada tiga tujuan dari pesan yang disampaikan, apakah sebatas kesadaran (kognitif), mengubah sikap (afektif) atau sampai dengan mengubah perilaku (psikomotorik), dari tiga target ini informasi mau sampai mana,"Ujar Pria asal Klaten Jawa Tengah ini.
”Mengingat tidak sedikit pengguna media sosial di Magetan terbukti dari pantauan di media sosial terkait banyaknya grup masyarakat Magetan yang aktif di Media Sosial, maka segmen ini harus serius menjadi lahan distribusi Informasi Kepemiluan serta upaya meningkatkan Partisipasi Pemilih, Masyarakat Magetan punya hak informasi kepemiluan yang harus kita sediakan secara cepat, akurat dan valid, maka Optimalisasi Medsos menjadi kebutuhan pokok kehumasan” Pungkasnya. (sgt).